Bupati Kuantan Singingi, Drs.H.Mursini,M.Si Lakukan Peninjauan Tanggul yang Jebol di Lokasi Venue Dayung  

INDONESIASATU.CO.ID:

KUANSING - Bupati Kuantan Singingi ( Kuansing ) Drs. H.Mursini M.Si, melakukan peninjauan  tanggul yang jebol di arena Vanue dayung di Danau Kobun Nopi Desa Bukit Pedusunan Kecamatan Kuantan Mudik Kab Kuansing Selasa (16/01/2018). Dalam peninjauan tersebut Bupati Mursini yang di dampingi assisten 3 Dr. H. Agusmandar, Kabid sarana dan prasarana provinsi Riau Jayusman ,ST Kabid pemuda dan keolahragaan kab Kuansing Suherman Yusuf serta kasi keolahragaan Surya Kurniawan.

Peninjauan tersebut dilaksanakan Bupati Mursini sesaat setelah usainya kegiatan pelaksanaan serah terima sementara pengamanan dan pemeliharaan Vanue Atlit Dayung dari dinas pemuda dan olahraga provinsi Riau kepada Disdikpora Kab. Kuansing, hal tersebut disampaikan oleh Kabid Sumber Daya Air dinas PUPR Kuansing Pebri S.P.M,Eng saat di konfirmasi di Teluk Kuantan.

Kehadiran bupati sekaligus menindak lanjuti rencana Venue Dayung Kebun Nopi akan diserahkan asetnya ke Kuansing. Jadi sebelum dilakukan penyerahannya ke Kuansing, maka harus ditinjau terlebih dahulu,ungkap Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kuantan Singingi, Pebri Mahmud, S.Sos, M.Eng ketika dihubungi melalui Handphone selulernya, Selasa (16/1) sore.

Dijelaskannya, untuk memperbaiki kerusakan yang ada di lokasi Vanue Dayung Kebun Nopi yang jebol dibutuhkan anggaran sekitar Rp18 miliar lebih, Dengan usia bangun yang cukup tua , tanggul tersebut yang di bangun pada tahun 1978 sampai 1982 hingga kini telah berusia lebih 32 tahun, dan perlu dirombak secara total, sebut pebri Namun sampai sekarang, rehab tanggul jebol Venue Dayung Kebun Nopi belum juga dilakukan, padahal sudah lebih lima tahun.

Sementara Pemkab Kuansing melalui Dinas PUPR, telah melaporkan ke Pemerintah Pusat untuk segera diperbaiki. Bahkan pada tahun 2017 lalu telah dibuatkan DED dan dilaporkan ke Balai Sumatera III, dimana untuk pembangunan fisiknya direncanakan akan dilakukan pada tahun 2018 ini. Akan tetapi karena tidak memperoleh surat rekomendasi dari Gubernur Riau, sehingga tidak masuk dalam APBN Murni 2018. Kita rencanakan akan masuk dalam perubahan APBN pusat, tambahnya lagi.

Sementara itu berdasarkan pantauan lapangan, kondisi danau kebun nopi sangat memprihatinkan, arena dayung sudah ditumbuhi semak dan rumput yang cukup tinggi, serta bangunan yang berada di sepanjang arena dayung sudah tidak terawat dan tidak bisa difungsikan lagi. Pada tahun 2012 yang lalu hingga kini belum ada dilakukan perbaikan, karena menurutnya secara keseluruhan Vanue dayung tersebut telah mengalami rusak berat dan tidak bisa dilakukan penambalan, dan seharusnya dilakukan rehap total atas semua bangunan di sepanjang danau kobun Nopi tersebut. Selama ini hanya dilakukan perbaikan atau penambalan karena APBD kita hanya cukup untuk itu sebut Pebri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kab Kuansing, Jupirman melalui Kabid Pemuda dan Keolahragaan, Suherman Yusuf menyampaikan bahwa Vanue dayung telah dilakukan penyerahan sementara dari Dispora provinsi Riau ke Dispora kab.Kuansing Selasa (16/01/2018).

Selanjutnya Suherman mengatakan, bahwa penyerahan ini hanya penyerahan sementara Pengamanan dan pemeliharaan saat di konfirmasi Rabu (17/01/2018),di teluk kuantan,( zulfahmi/KT)

  • Whatsapp

Index Berita